Penyebaran virus Corona saat ini memang berlangsung secara masif ke berbagai negara yang ada di dunia. Bahkan tak jarang diantaranya negara-negara dengan jumlah kematian begitu tinggi disebabkan oleh Covid 19 tersebut. Kondisi semacam ini pastinya juga membuat kita semakin takut bukan jika nantinya sampai terserang. Apalagi di Indonesia penanganan juga masih kurang, disebabkan oleh tenaga medis yang kurang serta keberadaan dari APD sendiri. Bahkan sampai saat ini sudah lebih dari 20 petugas medis yang meninggal dunia disebabkan oleh Covid 19.

Pada dasarnya menerapkan upaya pencegahan memang jauh lebih baik dibandingkan dengan harus mengobati jika seandainya sampai terserang penyakit berbahaya yang satu ini. semua orang bisa saja terserang oleh Covid 19 tersebut. Hanya saja dengan prosentase yang memang beragam. Ada orang-orang yang resiko untuk terserangnya tergolong begitu tinggi seperti diantaranya adalah kalangan dengan daya tahan tubuh atau sistem imuns lemah. Namun juga ada yang tidak mudah terserang, jika pun terserang umumnya mereka tidak akan menunjukkan gejala secara nyata. Karena memang memiliki daya tahan tubuh yang kuat untuk melawannya.

Hanya saja bagi orang-orang yang memang sudah terinfeksi oleh virus Corona tersebut juga jangan buru-buru panik. Karena sudah ada cukup banyak rumah sakit rujukan yang bisa Anda pilih sebagai sarana untuk berobat jika seandainya sudah merasakan gejala dari Covid 19 ini, diantara gejalanya adalah:

  1. Demam tinggi, tubuh akan mengalami peningkatan suhu, mencapai angka 38 derajat Celcius bahkan juga lebih dari itu. Sehingga akan menyulitkan dalam beraktivitas.
  2. Batuk, batuk yang dialami oleh penderita Covid 19 ini adalah jenis batuk kering atau tidak berdahak, namun terasa menyakitkan dan tidak kunjung sembuh.
  3. Sesak napas, penderita Covid 19 nyatanya juga akan merasakan gejala dimana dada terasa sesak dan kesulitan untuk bernapas.

Jika seandainya hal tersebut disertai dengan riwayat Anda pernah melakukan perjalanan atau kunjungan ke negara yang sudah terpapar oleh Covid 19 maka patut berhati-hati. Karena bisa jadi memang benar Anda tengah positif Covid 19. Lebih baik sedini mungkin melakukan upaya pencegahan dibandingkan dengan mengobatinya, berikut ini diantaranya yang bisa diterapkan, yaitu:

  1. Menerapkan physical distancing atau dengan menjaga jarak dengan orang lain. Paling tidak adalah jarak sekitar 1 meter sehingga nantinya tidak mudah terserang virus jika seandainya orang yang Anda di sekitar Anda sebenarnya menderita masalah kesehatan ini. Hanya keluar rumah jika memang ada keperluan mendesak.
  2. Pakailah masker sebagai pelindung ketika Anda beraktivitas di luar ruangan.
  3. Rajin mencuci tangan memakai sabun, cuci tangan menggunakan sabun memang termasuk salah satu upaya paling efektif yang dapat dilakukan untuk cegah penyebaran atau penularan dari virus ini. mengingat tangan Anda sebenarnya adalah media yang digunakan oleh virus untuk menular dari satu orang ke orang yang lainnya.
  4. Meningkatkan daya tahan tubuh, secara alami nantinya bisa menangkal infeksi virus jika seandainya sistem imuns kuat, caranya dengan konsumsi makanan bergizi, rajin olahraga dan juga istirahat secara cukup.
  5. Hindari kebiasaan di dalam menyentuh wajah, untuk menurunkan resiko penularannya.

Jika seandainya merasa kurang enak badan jangan langsung ke rumah sakit, karena rumah sakit nyatanya menjadi tempat paling riskan menularkan Corona. Konsultasi dulu secara online lewat aplikasi Halodoc.

corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here