Banyak cara agar belanja menjadi lebih hemat. Selain memanfaatkan diskon, bisa juga dengan memanfaatkan voucher. Ternyata, kamu bisa membeli voucher online untuk mendapatkan berbagai potongan harga saat berbelanja di beberapa merchant.

Faktanya, tidak hanya kalangan wanita saja yang suka berburu barang dengan harga murah. Menurut sebuah riset yang dilakukan pada warga Inggris oleh savoo.co.uk, sebuah situs untuk menghemat uang dan voucher diskon, pria dan wanita hampir menyukai aktivitas belanja dengan voucher. Terdapat 83 persen wanita berbelanja barang mewah saat memiliki voucher, dan 70 persen pria juga menggunakan voucher ketika berbelanja.

Mereka tak malu melakukan berbagai hal untuk menghemat pengeluaran mereka, termasuk menggunakan voucher belanja. Berbeda dari dua tahun lalu, di mana masih banyak masyarakat yang malu menggunakan voucher diskon.

Tips Belanja Hemat Online maupun Offline

tips belanja hemat online

Agar semakin hemat lagi, berikut tips dan trik cerdas buat kamu agar bisa berbelanja tanpa bikin kantong tipis.

1. Belanja di waktu tertentu

Berbelanja memang bisa dilakukan kapan saja. Namun, agar lebih hemat, belanjalah di waktu-waktu tertentu. Seperti menjelang lebaran, natal, tahun baru, dan sejenisnya. Atau bila berbelanja online, ada hari-hari tertentu toko online memberikan diskon besar-besaran, seperti Hari Konsumen Nasional, Hari belanja online, dan lainnya.

Saat-saat itulah sebagian besar merchant atau online shop banting harga. Moment ini harus dimanfaatkan secara maksimal, ya.

2. Bandingkan harga barang

Mungkin ini akan lebih mudah dilakukan untuk pembelanjaan online disbanding saat berbelanja langsung ke tokonya secara offline. Sebelum membeli barang, kamu bisa mengecek dan membandingkan harga barang yang sama di berbagai marketplace. Tentu tidak mengeceknya satu-satu di setiap marketplace, melainkan dengan membuka situs-situs pembanding harga. Ada banyak kok. Cek saja.

3. Belanja bareng teman

Ada beberapa brand yang menawarkan promo diskon atau potongan harga untuk pembelian barang minimal tertentu. Jangan lupa ajak teman yang sekiranya punya selera yang sama atau ingin berbelanja di toko yang sama. Hal tersebut akan mempermurah harga pembelian.

Selain itu, situs online juga menawarkan promo serupa jika berbelanja dalam jumlah tertentu. Seperti tawaran gratis ongkir atau potongan harga jika pembelian sudah mencapai batas yang disyaratkan. Menarik, bukan?

4. Dapatkan update dari social media

Di era sekarang, informasi tercepat dan jangkauan luas adalah melalui media sosial. Sehingga sekarang setiap promo yang ada akan disebarkan di akun media sosial. Tak jarang juga ada promo-promo khusus yang dibuat. Untuk mendapatkan informasi terbaru itu, tidak ada salahnya mengikuti akun sosial media berbagai toko yang kamu suka.

5. Belanja di official store di marketplace

Jangan sampai kamu membeli barang tiruan yang keasliannya tidak bisa dipastikan hanya demi mengejar harga murah. Tidak sedikit yang menjual barang barang murah di marketplace namun barangnya belum tentu original.

Ketika berbelanja di marketplace, pastikan membeli di toko resmi dari brand tertentu. Jadi kamu tetap membeli produk asli dengan harga murah karena adanya promo dari marketplace.

6. Belanja menggunakan aplikasi

Meskipun sudah ada marketplace, namun sebagian brand memilih untuk menyediakan aplikasi mobile untuk menjangkau pelanggan lebih jauh lagi.

Agar pelanggan mau menginstall aplikasi mobile tersebut, pemilik toko rela memberikan promo khusus yang cukup besar. Install aplikasi brand yang kamu suka dan nikmati promonya.

7. Berlangganan newsletter

Jangan ragu untuk berlangganan newsletter situs-situs online atau brand tertentu jika kamu memang suka. Biasanya promo dan diskon seringnya disebarkan melalui newsletter. Dengan begitu kamu akan jadi orang pertama yang tahu mengenai promo yang ditawarkan.

8. Memanfaatkan voucher

Voucher belanja memang menjadi salah satu cara untuk berhemat saat berbelanja. Menggunakan voucher juga salah satu cara paling praktis. Biasanya voucher memiliki batas waktu dan nominal tertentu, apabila tidak digunakan akan hangus.

Voucher belanja ada beraga jenisnya, seperti voucher untuk belanja di supermarket, belanja pakaian, belanja bahan bakar kendaraan, voucher makan, hiburan, dan voucher untuk belanja lainnya.

Selain berbentu fisik ada juga vouvher online yang diberikan oleh merchant atau marketplace tertentu. Bahkan kamu bisa membeli voucher sesuai kebutuhan di marketplace. Hal ini tentu saja akan menghemat pengeluaran kamu saat belanja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here