Pernahkah Anda mendengar istilah ransum TNI? Ransum sendiri dalam KBBI disebutkan sebagai makanan yang sudah ditentukan ukurannya untuk setiap orang atau setiap ternak. Secara umum orang yang mengenal istilah ini menyebutnya sebagai makanan khas para TNI, khususnya yang bertugas di daerah rawan. Baik daerah konflik maupun daerah gencatan senjata, ataupun untuk wilayah yang rawan bencana sehingga sumber makanannya terbatas karena tidak ada penjual maupun lahan pertanian.

 

Siapa saja kini bisa mengkonsumsi makanan tersebut karena memang beberapa sudah dijual bebas, terutama di situs jual beli online. Sumber pangan ini bisa dijadikan alternatif bagi Anda yang hobi naik gunung ataupun traveling supaya tidak mendapati kesulitan berarti mencari makanan sehat. Pasalnya ransum dikenal sebagai makanan olahan yang takaran gizinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang dewasa. Sehingga jangan heran jika bisa kenyang lebih lama dan tubuh tetap bugar karena nutrisinya komplit.

 

Mengenal Jenis-Jenis dari Ransum

 

Sebagai sumber makanan alternatif ternyata ransum dibuat bervariasi sehingga mengkonsumsinya tidak akan bosan. Anda tidak hanya bisa menjumpai nasi daging melainkan menu variatif lain, misalnya nasi goreng ataupun sekedar biskuit yang enak dan mengenyangkan. Supaya semakin tahu dan tidak takut untuk menikmatinya maka bisa mengenalnya lebih dalam. Anda bisa mengunjungi semua toko online maupun offline yang menyediakan ransum dan bisa bertanya secara bebas disana.

 

Kalau secara umum jenis dari ransum TNI ini lumayan banyak, dan sebagian cukup populer sehingga familiar bagi masyarakat. Jenis tersebut antara lain:

 

  1. Ransum T2-ABC,

Ransum yang cukup populer adalah jenis TR-ABC karena memang pilihan menunya lengkap dan dikemas dalam wadah kaleng. Sekilas ransum ini terlihat seperti kemasan kornet karena dibuat dalam ukuran 400 gram. Porsi tersebut tentu cukup besar bahkan cocok dikonsumsi oleh dua orang dalam satu kemasan. Kaleng ini menjaga bahan makanannya tetap awet dan Anda bisa menemukan menu komplit entah nasi daging, gudeg, maupun nasi ikan.

 

  1. Ransum TB-1,

Kalau Anda memesan ransum di salah satu toko online kemungkinan akan menerima ransum modifikasi. Sehingga mendapatkan menu lengkap bahkan ditambah dengan camilan seperti biskuit maupun susu dalam bentuk bubuk. Biskuit menjadi salah satu jenis dari ransum yang kerap dikonsumsi para anggota militer, namanya TB-1. Kalau Anda membuka kemasan biskuit ini dan mencicipinya maka tidak akan merasakan apapun sebab dibuat hambar. Akan tetapi makan sekeping bisa membuat Anda kenyang dari pagi sampai sore.

 

  1. Ransum FD-3,

Bagi Anda yang tipenya tidak suka makan besar ketika masih di dalam perjalanan atau memikirkan sesuatu yang genting. Misal saat hiking masih merasa cemas dengan kondisi cuaca atau sebab lain yang membuat pikiran tak tenang. Maka tidak perlu makan ransum porsi besar dan dari variasi menu utama Anda bisa mengandalkan ransum FD-3 yang dalam bentuk susu bubuk. Cukup seduh dengan air hangat lalu diminum maka tubuh tetap kenyang seharian.

 

  1. Ransum T2-RP,

Opsional lain bagi Anda yang merasa kurang cocok dengan jenis ransum T2-ABC maka bisa menggantinya dengan T2-RP. Sekilas memang tidak memiliki perbedaan dengan T2-ABC namun pilihan menunya berbeda dan cara pengolahannya pun tidak sama. Anda bisa menemukan menu sama variatifnya namun dikemas dalam wadah alumunium foil. Sehingga untuk mengkonsumsi ransum TNI jenis ini tinggal menyobek kemasannya dan dihangatkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here